Rabu, 19 September 2012

mind of mine

Nasi On Alis Me (nasionalisme)


hidup di negeri seperti indonesia ini gampang2 susah, bahkan kadang membingungkan. di tulisan ini gua mau sharing tentang pengalaman gua ngobrol sama beberapa teman yang sebagian dari mereka pernah mengalami tinggal di luar negeri. oke deeh, langsung aja yaaa..

untuk sebagian orang, hidup di indonesia tuh enak banget. gak usah kerja serius banget tp masih bisa makan walau pun seadanya. banyak hal yg bisa dilakukan, misalnya ngamen, jadi pengemis, dagang asongan, pedagang kaki lima, tukang parkir ilegal, tukang becak, tukang ojek, calo d terminal, kondektur ilegal angkot/bis kota (karena ada beberapa yg berstatus karyawan di beberapa perusahaan transportasi), atau mungkin jika ada keberanian dikit jadilah preman kacangan di pasar yg sok-sokan jd petugas keamanan disana (padahal ancaman sebenernya dia sendiri hihihihi....). mungkin itu beberapa profesi yang setidaknya gak berbau kriminal. mereka gak perlu sekolah tinggi, ada kemauan dan keberanian, dapet uang untuk makan seadanya aja mreka udah merasa worth dg hidup mereka.
tapi jujur aja sih, gua sendiri bngung, karena gak sedikit org yg bilang bahwa hidup di negeri ini tuh susah. lowongan kerja susah, nyari duit (-banyak) susah, percaya sama org susah (apalagi yg bertitel pejabat hehe...), harga kebutuhan hidup gak stabil bahkan terus naik padahal pendapatan kecil banget. banyak orang yang merasa udah kerja keras banget tapi pendapatan dikit banget. dan masih banyak keluhan-keluhan lainnya. dan gak sedikit org berfikir bahwa hidup dan tinggal di luar negeri mungkin lebih enak, jika move kesana akan lebih mudah dan sejahtera. makanya banyak banget orang yang kerja keluar negeri walaupun harus bekerja sebagai PRT.
padahal preeet... yang gua tangkap dari obrolan sama beberapa kawan yang pernah tinggal di luar negeri, justru hidup di luar negeri apalagi yang negeri maju, kehidupan bisa lebih keras. ketika gua tanya, jawaban mereka sangat simple, "lu gak kerja, berarti lu gak makan". naah lo.. masuk akal sih, bahkan di indonesia pun hal tersebut berlaku. tapiiii... mesti ingat lagi, syarat kerja disana gimana? gak bisa anak tamat SD langsung kerja, ada standar umur tertentu. di bawah 17 tahun gak boleh kerja. dan mana bisa kita ngamen dan buka lapak kaki lima sembarangan seperti di indonesia. dan akhir obrolan gua saat itu cuman "ooooh.. iya juga yaaa..."

satu hal lagi yang kadang bikin gua bingung. banyak banget orang indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk mengalami hidup diluar negeri, baik itu untuk pendidikan atau kegiatan lainnya, mereka terpaksa harus pulang atau ditarik pulang karena alasan tertentu. dan kebanyakan mereka mengeluh dan pengen tinggal lebih lama bahkan kalo bisa gak usah balik lagi ke indonesia. tapi diluar permasalahan itu, banyak juga orang indonesia yang terpaksa harus tinggal diluar negeri karena suatu permasalahan tertentu dan mereka dipaksa atau terpaksa untuk stay disana tanpa kejelasan batas waktu, tapi mereka sangat merindukan kepulangan mereka ke indonesia. sungguh 2 kondisi manusia yang berbeda, huft..hehehehe..

sebenernya semua hak masing2 mau berfikir seperti apa, tp sebaiknya kita gak lupa siapa dan dari mana kita berasal....

see ya guys,... hehheehehe :D

1 komentar:

  1. Asalku dari rahim ibuuu..... *kedipkedip
    Akhirku ke surga *kedipjuga
    Pret.....

    BalasHapus