Minggu, 30 Oktober 2011

apa pemuda sekarang masih bersumpah????

mensyukuri nikmat tuhan..hihihihi

Sebagian besar dari kita yang pernah mengenyam pendidikan pasti  mengetahui akan keberadaan peristiwa sumpah pemuda. Kurikulum di berbagai jenjang pendidikan selalu mengingatkan kita akan peristiwa yang menandakan kepedulian pemuda indonesia dari berbagai daerah saat itu dalam menyatukan bangsa ini. Sebuah peristiwa tentang perjuangan para pemuda dalam membuat suatu perubahan bagi bangsanya.
seiring bergulirnya jaman, bertambahnya waktu, dan bergantinya masa. Permasalahan bangsa kian kompleks, global dan bercabang. Sehingga bentuk kepedulian pemuda terhadap kondisi bangsanya pun semakin beraneka ragam. Bentuk kepedulian setiap kelompok memiliki cara yang berbeda dalam menyikapi setiap permasalahan bangsa ini. Bahkan, setiap kelompok memiliki cara yang berbeda dalam menyikapi sebuah permasalahan bangsa yang sama.
Namun, meski begitu, Sebagian dari kita masih belum mengerti benar makna dari sumpah pemuda. Terlalu sempit jika kita memaknai sumpah pemuda hanya dari teks yang dikumandangkan. Akibatnya,  tak jarang pro kontra terjadi ketika setiap kelompok memiliki cara yang berbeda dalam mengungkapkan kepeduliannya dalam menyikapi permasalahan bangsa. Bahkan berujung pada bentrokan. Padahal , apapun yang menjadi karya anak bangsa, apapun bentuknya, harusnya menjadi kebanggaan kita sebagai bangsa indonesia. Karena sumpah pemuda itu sendiri berarti bersatu demi meningkatkan kekokohan bangsa yang merupakan wujud kepedulian pemuda pada bangsanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar